Daftar 10 Gunung Tertinggi di Dunia, Mayoritas Berada di Nepal


Tahukah Anda apa saja 10 gunung tertinggi di dunia? 
Gunung dapat diartikan sebagai  bagian yang menonjol diatas sekitarnya. 
Gunung juga bisa diartikan dengan permukaan bumi yang tinggi menjulang namun tidak mungkin lebih rendah dari bukit. 
Ada beberapa pakar yang mensyaratkan soal ketinggian tempat agar bisa bisa disebut sebagai gunung. 
Mereka berpendapat, jika sebuah tempat yang memiliki ketinggian setidaknya 2000 kaki atau 610 m baru bisa dikatakan sebagai gunung.

Gunung merupakan ciptaan Tuhan yang sudah sepatutnya kita syukuri. 
Anda dapat dengan mudah menemukannya dan juga merasakan keindahannya dengan mendaki. 
Tak hanya di Indonesia saja,  bahkan di luar negeri pun gunung juga bisa Anda temukan. 
Bahkan beberapa gunung memiliki ketinggian yang tidak bisa kita bayangkan bagaimana betapa tingginya ciptaan Tuhan yang satu ini. 
Salah satu yang terkenal dan tidak asing lagi ditelinga kita yaitu Gunung Everest yang terletak di Nepal, selain itu masih banyak lagi yang dikategorikan sebagai salah satu gunung paling tinggi di dunia. 
Apa saja?


Daftar 10 Gunung Tertinggi di Dunia


1. Everest



Gunung Everest atau Mount Everest jika disebut dalam bahasa Inggris dinobatkan sebagai gunung tertinggi di dunia jika diukur dari permukaan laut. Gunung ini berada di perbatasan antara Nepal dan Tibet dengan ketinggian mencapai 8.848 meter atau 29.029 kaki diatas permukaan laut. Pada tanggal 29 Mei 1953, dua orang pendaki bernama Edmund Hillary dan Tenzing Norgay berhasil mendaki gunung Everest untuk pertama kalinya.


2. K2



Terletak di perbatasan Pakistan dan Tiongkok, gunung ini menjadi yang tertinggi kedua  di dunia sekaligus tertinggi nomor 1 di Pakistan. Tinggi gunung K2 mencapai 8.611 meter atau 28.251 kaki. Gunung ini disebut-sebut sebagai gunung yang sulit sekali untuk didaki karena sering tidak didukung cuaca yang bagus.

Bagi  siapapun yang ingin mendaki disana harus memiliki fisik yang benar-benar kuat supaya tidak tumbang di tengah perjalanan nantinya. Gunung K2 juga memiliki nama lain yaitu gunung Gunung Godwin Austen yang diambil dari nama pendaki pertama gunung tersebut

3. Kangchenjunga



Negara Nepal selain memiliki Everest juga ada Kangcheunjung dengan ketinggian mencapai 8.586 meter atau yang kedua tertinggi di Negara Nepal. Gunung ini memiliki 5 puncak ketinggian dan pertama kali dapat didaki oleh Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss dua orang pendaki asal Swiss yang melakukannya pada tahun 1955. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

4. Lhotse



Lagi-lagi Nepal menyumbangkan satu gunung lagi yang dikategorikan sebagai gunung tertinggi keempat dunia dengan ketinggian 8.516 atau 27.940 kaki. Meski tak sepenuhnya terletak di Nepal, karena sebagian yang lain terletak di RRC namun salah satu puncak yang membentuk dari gunung ini merupakan kelompok dari Gunung Everest. Pendakian pertama dilakukan pada tanggal 18 Mei 1956 oleh Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss

5. Makalu



Terletak di 19 km tenggara Gunung Mount Everest, Makalu yang merupakan gunung tertinggi kelima di dunia ini mempunyai ketinggian hingga 8.485 km (27.838 kaki). Gunung Makalu memiliki dua puncak yang sangat terkenal yaitu puncak utama yang berketinggian 8.485 km dan juga kangchutse yang memiliki ketinggian 7.678 m yang berlokasi di 3 km atau 2 mil utara barat laut dari puncak utama. Gunung yang satu ini berhasil ditaklukkan pertama kali oleh 2 orang pendaki yang bernama Lionel Terray dan Jean Couzy pada 15 Mei 1955.

6. Cho Oyu



Memiliki ketinggian 8.188 meter diatas permukaan laut, gunung Cho Yu menjadi gunung tertinggi keenam di dunia. Gunung yang satu ini terletak di perbatasan Nepal dan Tiongkok dan berhasil ditaklukkan oleh dua orang pendaki asal Austria yang bernama Herbert Tichy dan didampingi oleh dua rekannya yaitu Joseph Jöchler, dan Pasang Dawa Lama. Mereka melakukan pendakian pada 19 Oktober 1954.

7. Dhaulagiri



Posisi ketujuh gunung tertinggi di dunia ditempati oleh gunung Dhaulagiri yang berasal dari negara Nepal. Dengan ketinggian 8.167 meter, gunung ini dibatasi oleh anak sungai dari sungai Bheri di sebelah Utara dan barat daya serta Myagdi Khola di sebelah tenggara. Enam orang berhasil mendaki gunung ini untuk pertama kalinya pada tahun 1960.

8. Manaslu



Gunung Manaslu atau juga disebut sebagai Kutang termasuk sebagai salah satu gunung tinggi di dunia yang menempati urutan ke delapan yang memiliki ketinggian 8.156 meter.  Nama Manaslu diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya yaitu "Gunung Jiwa". Manaslu pertama kali didaki oleh tim ekspedisi dari Jepang bernama Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu.

9. Nanga Parbat



Berlokasi di negara Pakistan, Nanga Parbat menjadi gunung tertinggi ke sembilan di dunia yang tingginya mencapai 8.126 meter. Untuk mendaki gunung ini tidak semudah yang dibayangkan, pasalnya medan-medan yang dilalui amatlah berat sehingga jika Anda tidak memiliki fisik dan stamina yang kuat jangan coba sekali-sekali untuk memanjat gunung yang satu ini. Namun tidak bagi Hermann Buhl yang menjadi manusia pertama yang mampu mendaki gunung Nanga Parbat ini

10. Annapura



Dan yang terakhir adalah gunung Annapura. Terletak di Nepal, gunung Annapura memiliki ketinggian 8.091 meter dan masih dalam satu kesatuan dengan pegunungan Himalaya. Gunung ini menyajikan panorama alam yang begitu indah yang tentunya sayang jika Anda tidak mengunjunginya. Maurice Herzog danLouis Lachenal adalah dua orang pertama yang berhasil mendaki gunung tersebut pada tahun 1950.

Sungguh luar biasa Tuhan menciptakan alam semesta ini, semoga dengan mengetahui daftar 10 gunung tertinggi di dunia diatas bisa jadi referensi tempat liburan Anda sekaligus meningkatkan rasa syukur kita atas apa yang Tuhan sudah ciptakan untuk makhluknya.

0 Response to "Daftar 10 Gunung Tertinggi di Dunia, Mayoritas Berada di Nepal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel