Daftar 10 Laut Terluas di Dunia yang Harus Kamu Ketahui


Tahukah kamu, lautan mana saja yang dikategorikan sebagai lautan terluas di dunia? 
Bumi yang merupakan tempat tinggal umat manusia sekitar 70% bagiannya terdiri atas air. 
Selain sungai dan danau, lautan juga merupakan jenis air yang ada di muka bumi. 
Laut atau lautan diartikan sebagai kumpulan air asin yang dikelilingi oleh daratan secara menyeluruh atau sebagian saja. 
Umumnya laut yang ada di bumi memiliki warna biru, namun ada beberapa juga yang berwarna lain seperti laut merah dan laut hitam.

Berbicara soal luasnya lautan, sungguh tak bisa kita bayangkan betapa luasnya ciptaan Tuhan yang satu ini.
Sebagai makhluk-Nya kita patut bersyukur Tuhan telah memberikan kita kenikmatan berupa banyaknya air di permukaan bumi sehingga manusia bisa bertahan hidup hingga saat ini. 
Dari berbagai macam laut yang tersebar di seluruh dunia, berikut beberapa diantaranya yang terluas

10 Laut Terluas di Dunia


1. Laut Filipina


Sebagai laut terluas di dunia, luas laut Filipina mencapai 5.000.000 km persegi. Laut ini terletak sebagian di Samudra Pasifik bagian barat dan berbatasan langsung dengan Mariana di timur, Filipina dan Taiwan di barat, Jepang di Utara, dan Halmahera di sebelah selatan. Di Lautan ini juga terdapat salah satu palung laut terdalam di dunia, yaitu paling Mariana serta beberapa negara disekitar memiliki garis pantai seperti Filipina, Indonesia, Taiwan, Mikronesia, Palau, dan Jepang

2. Laut Koral


Disebut laut koral karena di laut terluas kedua di dunia ini terdapat banyak sekali terumbu karang yang hidup di dalamnya. Total luas dari laut Coral yaitu mencapai 4.791.000 km persegi dan lokasinya berada di sebelah timur laut negara Australia. Disebelah barat laut ini dibatasi oleh pantai timur Queensland, sebelah timur dibatasi Vanuatu dan Kadelonia Baru, dan timur laut oleh Kepulauan Solomon. Dan yang paling membanggakan, laut koral memiliki sistem terumbu karang terbesar di dunia dan tercatat sebagai warisan dunia UNESCO pada 1981.

3. Laut Arabia


Laut Arabia yang memiliki luas 3.862.000 ini terletak di sebelah utara Samudera Hindia dengan kedalaman hingga 4.652 meter. Laut ini dibatasi oleh India di sebelah timur, Provinsi Baluchistan dan Sindh (Pakistan) di utara, serta jazirah Arab di sebelah barat. India, Pakistan, Iran, Oman, Yaman, Somalia dan Maladewa adalah negara-negara yang berbatasan langsung dengan laut ini.

4. Laut China Selatan


Laut ini merupakan bagian dari Samudera Hindia yang memiliki luas mencapai 3.500.000. Lut China Selatan dianggap sebagai laut yang sangat potensial karena dilalui sepertiga kapal di dunia. Selain itu makhluk hidup yang ada di dalam laut ini mampu memenuhi kebutuhan jutaan orang di Asia Tenggara. Tak cukup sampai disitu, laut yang satu ini juga menyimpan kekayaan minyak dan gas alam yang sangat besar.

5. Laut Weddell


Laut seluas 2,8 juta km persegi ini ditemukan oleh seorang pelaut asal Inggris James Weddell pada tahun 1823 sejauh 74°S. Ilmuwan mengungkapkan jika laut ini merupakan laut paling jernih di dunia dan dikenal memiliki biota laut yang unik seperti anjing laut dan penguin adelie. Laut Weddell terletak diantara Coats Land dan Semenanjung Antartika dan menjadi bagian dari laut selatan.

6. Laut Karibia


Laut terluas di dunia berikutnya yaitu yang terletak di antara Meksiko dan kawasan Amerika Tengah. Laut Karibia memiliki luas sekitar 2.754.000 km persegi. Disebelah selatan laut ini dibatasi oleh tiga negara yaitu Venezuela, Kolombia, dan Panama. Sebelah barat dibatasi oleh 5 negara dan satu semenanjung yaitu Kosta Rika, Nikaragua, Honduras, Guatemala, Belize, dan semenanjung Yucatan Meksiko. Sementara itu di sebelah timur oleh Antilles kecil, serta di sebelah utara oleh kepulauan Antilles Besar, Kuba, Hispaniola, Jamaika, dan Puerto Riko.

7. Laut Mediterania


Memiliki luas 2.500.000 km persegi, laut Mediterania dianggap strategis karena sebagai penghubung tiga benua sekaligus yaitu Eropa, Asia, dan Afrika. Laut ini terkadang juga disebut sebagai laut tengah dan terletak di antara benua Eropa di utara, benua Afrika di selatan dan benua Asia di timur. Iklim laut tengah yaitu basah pada musim dingin dan panas kering saat musim panas. Di daerah ini anda dapat dengan mudah menemukan beberapa tumbuhan spesial seperti  zaitun, anggur, jeruk, tangerine, dan cork.

8. Laut Tasman


Laut Tasman merupakan laut yang ditemukan oleh Abel Janszoon Tasman asal negeri Belanda. Dengan luas 2,3 juta kilometer persegi, laut ini terletak di bagian selatan Samudera Pasifik dan dibatasi 2 negara yaitu Australia dan Selandia Baru. Laut Tasman juga dikenal akan biota lautnya dan pernah ditemukan hiu prasejaarah Megalodon di dalam laut ini.

9. Laut Bengal


Laut bengal disebut juga sebagai teluk benggala karena laut ini memang merupakan sebuah teluk besar yang menjorok di daerah Asia Selatan. Memiliki luas 2.172.000 km persegi, laut bengal menjadi laut terluas ke sembilan di dunia sekaligus teluk paling luas di dunia. Laut ini terletak di timur laut perairan Samudera Hindia dan berbatasan langsung dengan beberapa negara yaitu Bangladesh, India, Sri Lanka, Myanmar, Maladewa, dan juga Indonesia.

10. Laut Bering


Laut Bering merupakan bagian dari Samudera Pasifik berupa cekungan air yang dalam dan naik melalui lereng sempit menuju air yang dangkal di atas suatu daratan. Laut ini memiliki luas 2 juta km persegi dan dipisahkan oleh oleh Semenanjung Alaska. Di sebelah timur laut ini dibatasi dengan Alaska, di sebelah barat dengan Siberia dan Semenanjung Kamchatka, sebelah selatan dengan Semenanjung Alaska dan Kepulauan Aleutian, dan juga di Utara oleh Laut Bering.

Itulah kesepuluh laut terluas di dunia, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda mengenai wilayah kelautan di dunia.

0 Response to "Daftar 10 Laut Terluas di Dunia yang Harus Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel