Daftar 10 Hewan Terbesar di Dunia


Artikel kali ini merupakan suatu daftar hewan terbesar di dunia. 
Di dunia ini terdapat berbagai macam makhluk hidup yang tinggal menurut jenisnya. 
Baik itu manusia, tumbuhan, dan juga hewan. 
Sebagai salah satu makhluk Tuhan hewan diciptakan dengan berbagai bentuk dan ukuran dengan jumlah hingga jutaan. 
Ada yang memiliki ukuran yang kecil dan ada juga yang besar. 
Berbicara soal ukuran tubuh hewan ada beberapa yang memiliki berat dan panjang jauh melebihi manusia ataupun sesamanya. 
Apa saja hewan tersebut?

Hewan Terbesar di Dunia


1. Paus Biru


Jika Anda mengira bahwa hewan terbesar adalah gajah yang berasal dari daratan maka Anda 100% salah. Jika dibandingkan dengan paus biru, gajah masih jauh lebih kecil. Paus biru tercatat memiliki bobot mencapai 181 ton dengan panjang 33 meter lebih. Hewan ini tergolong dalam subordo paus balin, namun keberadaannya kini mulai menurun seiring dengan meningkatnya perburuan hewan ini.

2. Gajah Afrika


Dari sekian banyak spesies gajah yang ada di dunia ini gajah Afrika yang memiliki ukuran tubuh paling besar. Hewan yang satu ini memiliki berat mencapai 6350 kg atau 6,35 ton dengan panjang tubuh 10,6 meter. Sama seperti paus biru, hewan ini juga terancam keberadaannya semenjak perburuan yang terus menerus terjadi belakangan ini. Tercatat pada tahun 2014, spesies ini hanya tinggal.

3. Beruang Coklat


Beruang coklat atau Brown Bear termasuk ke dalam deretan hewan besar di dunia. Hewan bertubuh besar ini termasuk golongan karnivora yang banyak ditemukan di Amerika Utara dan Eropa dan Asia bagian utara. Bobot hewan ini bisa mencapai 130 hingga 700 kg. Beruang coklat memiliki beberapa subspesies diantaranya beruang cokelat alaska, beruang cokelat amerika,  beruang cokelat suriah, beruang cokelat kodiak, dan beruang cokelat meksiko.

4. Buaya Muara


Dari berbagai jenis buaya yang ada di bumi, buaya muara adalah yang memiliki ukuran tubuh paling besar. Hewan ini banyak hidup di sungai dan muara. Buaya ini terkenal cukup ganas dan sering memangsa manusia yang mendekatinya. Karena hal tersebut, hewan ini sampai dijuluki "Man-eater" atau jika diartikan yaitu pemakan manusia. Buaya ini tersebar di seluruh perairan di daerah tropis Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Australia. Bobot binatang ini 1360kg dengan panjang tubuh dapat mencapai 6,3 meter.

5. Jerapah


Hewan ini terkenal dengan lehernya yang sangat panjang. Dengan tingginya yang mencapai 5,8 meter, hewan ini dapat dengan mudah memakan pucuk daun pohon tinggi sekalipun. Beratnya mencapai 2000 kg dan dapat dengan mudah ditemukan di benua Afrika. Perbedaan jerapah jantan dan betina bisa kita lihat dari tingginya. Umumnya, jerapah betina sedikit lebih pendek dan rendah dari jerapah jantan.

6. Burung Unta


Dari golongan burung, ada burung unta yang dinobatkan sebagai burung terbesar sekaligus hewan terbesar keenam di dunia. Walau dinamakan burung, namun pada kenyataannya hewan ini tidak mampu terbang, tetapi hanya dapat berlari di daratan dengan kecepatan tinggi mencapai 70 km per jam. Burung ini memiliki berat sekitar 155 kg dan tinggi mencapai 2,7 meter.

7. Salamander Raksasa Tiongkok


Tahukah Anda tentang hewan Salamander? Hewan ini termasuk golongan amfibi dan mirip dengan kadal. Cirinya yaitu tubuh ramping, hidung pendek dengan ekor yang panjang. Hewan ini memiliki panjang 1,83 meter dan berat hingga 64 kg. Semakin hari populasi salamander raksasa Tiongkok semakin menurun jumlahnya, sehingga hewan yang satu ini digolongkan sebagai hewan yang dilindungi.

8. Hiu Paus


Hiu paus merupakan ikan dengan ukuran tubuh paling besar. Loh, bukankah paus biru? Tidak paus biru termasuk golongan mamalia bukan ikan seperti hiu paus. Hewan ini pemakan plankton dengan kebiasaan makannya yang dengan menyaring air laut. Hiu paus memiliki panjang 5,5 - 10 m dengan massa 19.000 kg untuk ukuran dewasa. Hewan ini dipercaya telah hidup sekitar 60 juta tahun yang lalu.

9. Cumi-cumi Kolosal


Cumi-cumi Kolosal merupakan spesies cumi-cumi terbesar yang pernah ditemukan. Hewan ini mempunyai mata besar sebesar piring makanan  dengan panjang 12 hingga 14 m. Sedangkan bobotnya mencapai 494 kg dan hanya ditemukan di perairan benua Antartika. Hewan ini terkenal cukup agresif ketika memangsa musuhnya di dalam lautan.

10. Gajah Laut



Gajah laut masih satu keluarga dengan anjing laut yang termasuk golongan hewan karnivora. Hewan ini memiliki bobot antara 1000-1500 kg dengan panjang tubuh 3,7 m. Gajah laut terbagi atas dua spesies, yakni gajah laut Utara dan gajah laut selatan. Sempat terancam punah pada abad ke 19, akhirnya status hewan yang satu ini kembali pulih dan jumlah semakin berkembang daripada sebelumnya.

Bagaimana sudah tau kan? Bagi Anda yang masih mengira gajah adalah hewan terbesar di dunia mulai saat ini hilangkan anggapan tersebut. Dari artikel ini bisa disimpulkan bahwa paus biru adalah hewan terbesar di dunia yang hidup hingga saat ini.

0 Response to "Daftar 10 Hewan Terbesar di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel