Selain Semut, Berikut Daftar 10 Hewan Terkecil di Dunia


Sebelumnya saya sudah memberikan informasi mengenai hewan terbesar di dunia, kali ini kebalikannya, 10 hewan terkecil di dunia akan disampaikan pada artikel ini. Mungkin banyak yang beranggapan jika semut adalah hewan paling kecil di dunia ini, apakah benar? Tentu salah. Namun tetap tergolong sebagai hewan yang kecil, tetapi tidak termasuk di dalam pembahasan pada artikel ini.  Selain semut, berikut daftar hewan terkecil di dunia

Hewan Terkecil di Dunia Selain Semut


1. Pygmy Jerboa


Posisi pertama yaitu Pygmy Jerboa. Saat mendengar nama tersebut mungkin anda terasa asing dan sama sekali tidak memiliki gambaran soal tersebut. Sebenarnya hewan apa sih Pygmy itu? Diketahui, Pigmy Jerboa merupakan tikus berkaki tiga yang berukuran kecil dan mampu berlari hingga kecepatan 15 mil per jam. Hewan tersebut menggunakan ekornya untuk menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh.

2. Paedocypris Progenetica


Ikan kecil ini merupakan hewan asli dari Pulau Sumatera dan dinobatkan sebagai ikan terkecil di di dunia. Dengan panjang tubuh yang hanya 7,9 milimeter, hewan ini memiliki tubuh transparan dan juga mudah rapuh. Namun sayangnya keberadaan mereka mulai terancam punah dikarenakan habitatnya yang di alih fungsikan menjadi perkebunan dan rawa gambut.

3. Wolfi


Hewan ini merupakan gurita dengan ukuran yang paling kecil, yakni hanya 1,5 cm. Bahkan hewan ini dapat dengan mudah diletakkan pada salah satu dari kesepuluh jari anda. Hewan ini banyak ditemukan di Samudera Pasifik. Hewan membunuh mangsanya dengan cara menghisap menggunakan tinta.

4. Brookesia Micra


Sebagai bunglon terkecil di dunia, Brookesia Micra ditemukan sejak 6 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 14 Februari 2012. Panjangnya hanya 29 mm sehingga membuat binatang ini sulit ditemukan. Apalagi ditambah kemampuan Kamilaa entah yang membuat para predator semakin sulit dalam mendeteksi keberadaan hewan mungil ini. Pada malam hari ia lebih sering tidur pada cabang pohon dengan merubah warna tubuhnya..

5. Speckled Padloper


SpeckledPadloper merupakan kura-kura terkecil di dunia yang merupakan hewan endemik Afrika Selatan. Jika biasanya kura-kura memiliki jumlah jari empat, namun untuk Speckled Padloper bisa sampai lima jari dengan adanya bintik-bintik pada cangkang. Karena banyaknya perburuan ditambah dengan semakin meningkatnya jumlah predator  membuat hewan ini mulai terancam keberadaannya.

6. Kitti Hog-nosed


Tahukah anda mengenai hewan Kitto Hog-noser? Hewan tersebut merupakan kelelawar yang memiliki ukuran tubuh yang mini. Selayaknya kelelawar, mereka hidup di dalam goa dengan jumlah sekitar 100 hingga 500 ekor. Namun hewan ini sudah terancam punah akibat perburuan liar yang semakin marak. Kelelawar kecil ini berasal negara Thailand.

7. Pigmy Marmoset


Ternyata hewan terkecil ketujuh dunia adalah seekor monyet mungil dengan panjang tubuh rata-rata 15 cm jika diukur dari ekor hingga kepala. Spesies ini hidup di negara Ekuador dengan sistem hidup berkelompok dan gemar makan getah pohon. Mereka dapat hidup di alam liar hingga 12 tahun dan jika dirawat di kebun binatang dapat bertahan setidaknya hingga 20 tahun ke depan.

8.  Boo


Boo atau yang juga disebut Mr. Boo merupakan anjing yang memiliki ukuran tubuh kecil hanya 4 inchi (10 cm). Hewan ini juga disebut sebagai anjing terkecil di dunia dan memiliki tubuh yang sangat lucu. Boo termasuk ke dalam famili Chihuahua. Di dunia internet, Boo cukup terkenal karena bentuk tubuhnya dan tingkahnya yang sangat lucu. Berbeda dengan jenis anjing pada umumnya, Boo justru memakan ayam kalkun dan kacang polong bukan makanan anjing.

9. Leptotyphlops Carlae


Walaupun disebut sebagai ular, tetapi nyatanya jika dilihat dari bentuk fisiknya hewan ini justru menyerupai cacing. Hewan ini dapat ditemukan di pulau Karibia Barbados. Bentuknya sangat kecil sehingga hewan tersebut dijuluki sebagai hewan terkecil di dunia. Ilmuwan memprediksi dalam beberapa tahun ke depan keberadaan hewan ini semakin terancam kepunahannya. Leptotyphlops Carlae hanya menghasilkan satu telur saja sehingga sulit untuk berkembang.

10. Thumbelina


Jika fisik kuda pada umumnya adalah besar dan kuat, berbeda dengan Thumbelina yang justru memiliki tubuh yang amat kecil. Tingginya hanya 43 cm dengan berat 26 kilogram. Ditemukan pada tahun 2001, hewan memiliki kaki yang kecil dan juga bentuk yang lucu. Karena keunikannya, sampai-sampai hewan ini memiliki penggemarnya tersendiri di seluruh dunia.

Mungil, unik, dan lucu itulah sedikit gambaran mengenai hewan terkecil di dunia yang telah saya sebutkan di atas. Tentunya kesepuluh daftar tersebut bukanlah hewan yang mudah ditemukan (hanya ditemukan pada daerah-daerah tertentu saja). Akhir kata, semoga postingan mengenai daftar 10 hewan terkecil di dunia bermanfaat bagi pembaca.



0 Response to "Selain Semut, Berikut Daftar 10 Hewan Terkecil di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel